Bank Sumsel Babel Bina IKM Batik Serasan Muara Enim

Muara Enim298 Dilihat

Penulis : Sahri Andi

Wartainspirasi.com, Muara Enim — Sebagai bukti keseriusan dukungan terhadap UMKM, Bank Sumsel Babel (BSB) borong masker dan produk Batik Khas Muara Enim di Rumah Batik Serasan (RBS) binaan BSB di Muara Enim, Rabu (26/8/2020).

Dalam kunjungan tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Umum BSB Samiluddin, didampingi Kepala Kantor Cabang Bank Sumsel Babel Muara Enim Benny Maryanto alias Bento, dan pejabat BSB Pusat dan Muara Enim yang diterima langsung oleh Ketua RBS Muara Enim Toto Adi Hermanto ST dan karyawannya.

Dalam kunjungan tersebut Dirum BSB dan rombongan melihat langsung proses produksi mulai dari pembuatan hingga selesai. BSB serius akan bina Rumah Batik Serasan (RBS), selain memborong sebanyak 500 masker juga berencana akan membuat pakaian seragam Batik Khas Muara Enim untuk karyawan BSB mulai dari pusat hingga ke cabang-cabangnya.

“Saya langsung beli khusus pribadi. Ini sebagai dukungan dan motivasi kami kepada UMKM lainnya,” ujar Samiluddin yang merupakan putra daerah dari Kabupaten Pali ini.

Menurut Samiluddin, bahwa pihaknya bangga meskipun Rumah Batik Serasan Binaan BSB masih baru tetapi sudah berani dan telah banjir pesanan dari berbagai daerah. Untuk itu, RBS Muara Enim harus cepat melakukan adaptasi pasar baru dan BSB akan selalu siap membantu baik dari segi permodalan hingga ke pemasaran.

Dan ini, sejalan dengam misi dan visi BSB yakni meningkatkan perekonomian dan mengembangkan potensi daerah seperti Batik ini.

“Saya tadi sudah berbincang-bincang dengan pemilik RBS, dan ternyata orangnya kreatif dan sudah mempunyai reseller yang baik,” jelasnya.

Dan kedepan, lanjut Samiluddin, harus ada sinergisitas antara BSB dan RBS Muara Enim seperti di dalam pembayaran akan menggunakan salah satu produk QRIS BSB yang akan kita lengkapi di RSB Muara Enim sehingga orang belanja tidak harus menggunakan uang cash tetapi bisa dengan mobile bangking.

Sementara itu Ketua RBS Muara Enim Toto Adi Hermanto ST, bahwa pihaknya sangat berterimakasih sekali atas binaan dan kedatangan petinggi BSB untuk melihat hasil binaannya. Kedepan, pihaknya berharap bantuan permodalan, pemasaran dan support terus dilakukan BSB dan Pemkab Muara Enim sehingga kedepan benar-benar menjadi mandiri bahkan bisa membina pelaku usaha kecil yang dampaknya akan meningkatkan peremonomian masyarakat Muara Enim.

Ditambahkan Kadisperindag Muara Enim melalui Kabid Perindustrian Dr Dessy, bahwa Pemkab Muara Enim berkomitmen akan terus mendorong dan membantu usaha kecil untuk maju hingga akhirnya menjadi mandiri. Kedepan pihaknya berharap akan tumbuh usaha kecil lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *