Bupati Lahat Kembalikan Kota Pelajar, Launching Universitas Selero Lahat

http://wartainspirasi.com – Selaras dengan cita cita Bupati Lahat H. Cik Ujang SH ingin mengembalikan kabupaten Lahat menjadi Kota Pelajar, dengan Launching Universitas Selero Lahat.

Acara peresmian Universitas Selero Lahat (UNSELA) tersebut, pada Rabu tanggal 9 Agustus 2023.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Gubernur Sumsel di wakili Asisten 1 Provinsi Sumsel Drs Edwar Chandra SH, Bupati Lahat Cik Ujang SH, Forkompimda Kabupaten Lahat, dan seluruh jajaran universitas Serelo Lahat dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan ini, di tayangkan video seputar universitas Serelo Lahat, kampus kebanggaan kabupaten Lahat.

Ketua pengurus Yayasan Serelo Lahat Drs H Ahmad Fachri MM mengatakan Yayasan Pendidikan Serelo Lahat ini didirikan lebih kurang 20 tahun yang lalu, kami melakukan pengembangan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

“Menjadi universitas kami melakukan survei dulu survei terhadap 8625 siswa SMA, SMK dan Madrasah Aliyah rata-rata jawabannya 100% ingin melanjutkan pendidikan tinggi Prodi Teknik Informatika Sistem Informasi Bisnis digital dan sosial ekonomi, pertanian jadi di Prodi ini hasil survei dari sinilah muncul ide untuk merubah bentuk Sekolah Tinggi menjadi Universitas,” ujar Ketua Yayasan Selero Lahat.

Dikabupaten Lahat dan sekitarnya, diakui Fachri, belum ada universitas tujuan ini sejalan dengan Visi Kabupaten Lahat yaitu untuk meningkatkan kualitas SDM hal ini rasa selaras pula dengan cita-cita Bupati Lahat untuk mengembalikan Lahat ini menjadi Kota Pelajar.

“Dengan modal komitmen dan keyakinan akan pentingnya mengembangkan ilmu pengetahuan dan semakin berkembangnya dunia pendidikan.
Dan perubahan bentuk Yayasan menjadi Universitas,” pungkasnya.

Gubernur Sumsel di wakili Asisten 1 provinsi Sumsel Drs Edwar Chandra SH, mengatakan atas nama pemerintah provinsi Sumsel dan masyarakat Provinsi Sumsel merasa bangga dapat mengikuti launching Universitas Serelo Lahat dan Pemerintah Provinsi Sumsel sangat mengapresiasi adanya Universitas Serelo Lahat.

“Sekali lagi, kami ucapkan selamat yang sebelumnya dari Yayasan STIE Lahat menjadi Universitas Serelo Lahat. Semoga menjadikan generasi penerus yang bermanfaat dan lebih baik lagi untuk Kabupaten Lahat,” terangnya.

Bupati Lahat H. Cik Ujang SH menyampaikan,rasa bangga dan apresiasi, sesuatu kebanggaan hari ini untuk menghadiri launching Universitas Serelo Lahat.

“Atas nama Pemkab Lahat kami mengapresiasi atas ikhtiar keluarga besar Yayasan Pendidikan Serelo Lahat yang berperan aktif memajukan dunia pendidikan dengan mendirikan Universitas Serelo Lahat, dalam rangka merespon tuntutan perkembangan zaman serta memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Cik Ujang.

Alhamdulillah, diungkapkan Bupati Lahat, Yayasan Pendidikan Serelo Lahat meraih pencapaian baru dengan meluncurkan Universitas Serelo Lahat. Oleh karena, agar diharapkan Universitas Serelo Lahat menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk semua.

Ditegaskannya, Universitas berfungsi untuk mengembangkan keahlian dan bakat individu yang sesungguhnya dipersiapkan untuk memajukan perekonomian dan mengurangi tingkat kemiskinan dan mensejahterakan, individu-individu yang dihasilkan melalui pendidikan di Universitas Serelo menjadi angkatan kerja yang mumpuni dan tangkas dalam menghadapi tantangan di dunia kerja.

“Saya harap Universitas Serelo dapat menjadi salah satu institusi yang mampu mencapai target dari universitas untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru, serta mengoptimalkan fungsi ini agar melahirkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta melakukan inovasi secara terus-menerus untuk itu Universitas Serelo Lahat harus mengembangkan kerjasama baik di dalam maupun di luar Negeri,” pesan Cik Ujang seraya menambahkan, dukungan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi dan teknologi dan informasi kita memiliki cita-cita besar di bidang ini yang membutuhkan kontribusi pemikiran dari banyak ahli. (Din)