Kerusakan Infrastruktur Jalan Provinsi di Pulau Nias Hambat Perekonomian Warga

Wartainspirasi.com, Gunungsitoli — Kerusakan infrastruktur jalan provinsi di Kepulauan Nias terus terjadi sementara pemerintah provinsi Sumatera Utara telah diminta menuntaskan pembangunan infrastruktur tersebut agar dapat mendongktak perekonomian daerah.

Khusus infrastruktur jalan provinsi yang terus mengalami kerusakan dengan tingkat berat merata terjadi di wilayah kabupaten kota di Kepulauan Nias.

Namun yang cukup terparah berada di Kabupaten Nias Kota Gunungsitoli Dan Nias Utara.

Warga dan Pemerintah di Kepulauan Nias menyebut selain kurang maksimalnya penanganan berupa pembangunan pemeliharaan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga faktor cuaca buruk dan getaran gempabumi yang kerap melanda menjadi penyebab kelongsoran dan rusaknya sejumlah ruas jalan di Pulau Nias termasuk jalan berstaus milik Provsu.

Namun kondisi kerusakan jalan saat ini dikeluhkan masyarakat agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana B-N-P-B memberi perhatian khusus dalam upaya perbaikan infrastruktur pasca bencana di Pulau Nias.

“atas kerusakan jalan ini kami minta pemerintah provsu mampu mengatasinya dengan segera melakukan pembangunan, termasuk BNPB tidak salah untuk menggelontorkan anggaran penganan infrastruktur pasca bencana untuk Pulau Nias,” sebut Alfa salah seorang warga di Gunungsitoli Kamis (8/6/2023).

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengalokasikan anggaran dua koma tujuh triliyun rupiah dalam program multiyears untuk pembangunan sejumlah ruas jalan dan jembatan di Pulau Nias.

Amatan di lapangan program yang bertujuan untuk mendongkrak perekonomian daerah dan memperlancara konektivitas antar daerah yang terisolir Pulau Nias itu kini masih belum maksimal berjalan.

padahal diketahui tahun 2023 merupakan tahun akhir pelaksanaan program multiyears tersebut.

Penulis : Aliasa Telaumbanua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *