Kodim 0405/Lahat Terjunkan Anggota Untuk Amankan Unras Emak-Emak Gumay Talang

Wartainspirasi.com — Aksi Blokade terhadap jalan utama milik PT BAS yang dilakukan emak-emak di Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, belum lama ini ternyata tidak berhenti disitu saja.

Aksi protes diduga terkait debu dan konfensasi yang tak kunjung diberikan oleh Perusahaan yang bergerak di Batubara ini, membuat ratusan emak-emak Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, akan melakukan unjuk rasa (Unras), pada Jum’at (19/5/2023) sekira pukul 13.00 WIB ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat.

“Benar, unjuk rasa tersebut akan dilakukan oleh emak-emak di Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, sebagai bentuk protes terhadap salah satu Perusahaan Batubara yang ada diwilayah mereka,” ungkap Dandim 0405/Lahat Letkol Inf Toni Oky Priyono SIP, melalui Pasi Intel Kodim 0405/Lahat Lettu Hendro Purnomo, pada Kamis (18/5/2023).

Rencana kalau tidak ada Ara melintang aksi persatuan emak-emak di Kecamatan Gumay Talang ini, diakui Hendro Purnomo, akan digelar didepan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, usai dari Sholat Jum’at.

“Puluhan personil Kodim 0405/Lahat yang akan kita terjunkan Jum’at besok merupakan menindaklanjuti surat Pengamanan dari Polres Lahat tentang Pengamanan Unras persatuan emak-emak dari Kecamatan Gumay Talang,” tambahnya.

Untuk pengamanan Unras Persatuan emak-emak ini, diakui Pasi Intel Kodim 0405/Lahat, selain akan menerjunkan anggota Unit Intel Kodim 0405/Lahat juga personil masing masing Koramil jajaran Kodim 0405/Lahat.

“Jadi, untuk mengawal aksi Unras Persatuan emak-emak dari Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat tersebut, selain Unit Intel Kodim 0405/Lahat, kita juga telah layangkan surat kemasing masing Koramil jajaran Kodim 0405/Lahat, agar setiap Koramil dapat mengirimkan anggotanya agar dapat mengawal aksi damai persatuan emak-emak didepan DPRD Kabupaten Lahat,” ulasnya.

Sebelum aksi Unras dimulai, dikatakan Hendro Purnomo, unit Intel Kodim 0405/Lahat beserta personil masing masing Koramil jajaran Kodim 0405/Lahat dapat memakai PDL, Baret, Ban Lengan, dan Rompi Babinsa.

“Kalau tidak ada Ara melintang, aksi unjuk rasa Persatuan emak-emak Kecamatan Gumay Talang ini, akan dilaksanakan usai dari Sholat Jum’at sampai dengan selesai didepan kantor DPRD Kabupaten Lahat,” pungkas Pasi Intel Kodim 0405/Lahat. (Din)