Mahasiswa SPP Gowa Praktek Kerja Lapang di Barru

Wartainspirasi.com, Barru – Sebanyak 68 mahasiswa Sekolah Pembangunan Pertanian (SPP) Kabupaten Gowa melakukan praktek kerja lapang di Barru Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Barru Ir. Ahmad MM mengatakan, kedatangan Mahasiswa-Mahasiswi tersebut melakukan Praktek Kerja Lapang (PKL) sekaligus sebagai pendamping akselerasi padi dan jagung untuk mendukung percepatan tanam di Kabupaten Barru. Selain itu katanya, mahasiswa di beri ruang untuk melakukan adaptasi dan uji teknologi melalui feeltrep.

“Mahasiswa PKL akan disebar pada 7 wilayah BPP Kecamatan dan diharapkan menjadi pendorong sekaligus melakukan riset serta membantu aplikasi teknologi inovatif bidang peningkatan produksi padi, jagung dan peternakan khususnya sapi,” ungkap Ahmad, Senin 15/1/2024)

Menurut Ahmad, Kabupaten Barru dijadikan lokasi PKL Mahasiswa SPP Gowa karena dinilai memiliki prestasi peningkatan IP (Indeks Pertanaman) lebih baik dan produktif bersama Kabupaten Bone dan Soppeng sehingga pada tahun 2024 kita menjadikan lokasi kerjasama.Satu bulan kedepan selama masa PKL kata Ahmad, akan dilakukan pengawalan oleh Direktur Polbantan Gowa.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Dinas Pertanian Barru menyampaikan gambaran bahwa dampak elnino menyebabkan pelambatan masa tanam.Sebagai realisasi tanam di Kabupaten Barru saat ini baru seluas 5.981 Ha.

“Bila di bandingkan tahun 2023 lalu seluas 10.428 Ha, kami menginstruksikan kepada Penyuluh agar proaktif di lapangan untuk mengawal dan mendorong petani menanam.
Juga petani atau kelompok tani diharapkan tidak melakukan tunda tanam karena akan merugikan atau mempengaruhi pola dan jadwal tanam berikutnya, karena musim hujan tahun ini waktunya pendek”, urai Ahmad. (ti)