Masyarakat Nias Bulat Dukung Seorya, Pendeta Iskandar : Kami Tak Mau yang Lain

Editor : Yustinus Buulolo

Wartawan : Maznun

Wartainspirasi.com, Batam – Puluhan perwakilan Masyarakat Nias diterima Soerya di rumahnya di Duta Mas Batam Center Batam-Kepri. Soerya tampak menerima satu persatu masyarakat. Di antaranya Pendeta Mudahari Zai, Pastor Iskandar Dachi, Ketua tim Gerakan Angkatan Muda Nias Indonesia (GAMNIS) Kepri Yano, Sekretaris Tim Saferiyusu Hulu, Leo Lesioaro Nazara, Tomas Yeferson Lature, Tentu Waruwu dan sejumlah ketua-ketua komponen masyarakat.

Saat tiba, masyarakat tersebut langsung menyampaikan beberapa hal termasuk dukungan. Yano mengatakan dukungan masyarakat Nias kali ini kepada Soerya berbagai dengan pertimbangan, “Pak Soerya adalah cukup dekat dengan Masyarakat Nias selama ini. Dan Bapak pluralisme Kepri,” katanya.

Yang menarik kata Saferiyusu Hulu, sebagai kesungguhan mereka sudah bentuk tim. Selain itu ada kotak yang berisi uang koin dan kertas yang dikumpulkan dari Masyarakat Nias dan Simpatisan yang ada di Kepri.

“Kami tahu nilainya tidak seberapa. Tetapi kali ini, kami memberikan edukasi kepada masyarakat luas bahwa, jika kita mendukung pemimpin kita jauhkan money politic. Bahkan, menurut saya yang pas itu adalah uang dari masyarakat kepada calon. Karena itu sebagai kesungguhan kami juga selain itu tim kecil sudah menyiapkan rumah pemenangan di Sagulung,” kata Safer sapaan akrab Saferiyusu Hulu.

Pendeta Mudahari Zai mengatakan hal yang sama, mengapresiasi anak-anak muda Nias yang tergabung dalam komunitas Yaita Ono Niha / Masyarakat Nias Soerya-Iman for Kepri-1. “Ini adalah pelajaran bagi semua. Kami imbau kita ingin calon yang memperhatikan rakyatnya. Dan hal itu ada di dalam pak Soerya, kami doakan pak Soerya menang pada Pilkada ini. Dan jauhkan money politik tetapi sebaliknya justru masyarakat membantu calon,” ungkap Pendeta Mudahari Zai.

Pastor Iskandar juga mengatakan, hanya meminta Soerya-Iman kelak memimpin Kepri untuk memperhatikan masyarakat luas dan masyarakat Nias. “Mengayomi semua suku, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila. Aspirasi Masyarakat Nias senantiasa didengar oleh pak Soerya. Dan aspirasi kami ini telah kami tuangkan tertulis dan ini bukan proposal dana,” katanya.

Mendengar kata-kata doa dan dukungan, Soerya yang akrab disapa Romo itu mengapresiasi masyarakat Nias. Ia mengatakan, secara hubungan emosional Masyarakat Nias dengannya banyak bersahabat. Seperti tokoh-tokoh Masyarakat Nias dan politisi senior PDI-P Firman Jaya Daeli. Dan para tokoh pemuda dari Gamnis Kepri dirinya cukup dekat selama ini.

“Dan masih banyak yang lain. Saya sangat dekat dengan masyarakat Nias. Aspirasi masyarakat Nias dan seluruh masyarakat Kepri kami pastikan mendengarkan. Kami tidak mau menjual kampanye dengan menambah bumbu dan kecap. Tapi kami pastikan, baik kami dan partai kami adalah sahabat bagi semua elemen masyarakat,” ujarnya.

Usai pertemuan singkat itu, diakhir dengan penyerahan donasi masyarakat ke Soerya-Iman, aspirasi dalam bentuk tertulis. Diakhiri dengan foto bareng. Suasana hangat saat itu.