Pelajar Pemulung di Gunungsitoli Terima Bantuan Peralatan Sekolah

http://wartainspirasi.com, Gunungsitoli – Sejumlah pelajar yang memanfaatkan waktu untuk memulung barang-barang bekas pada tempat sampah pada ruas jalan kawasan pertokoan di Kota Gunungsitoli di hari libur Tahun Baru Islam 1445 H pada Rabu (19/07/2023) mendapat kejutan dengan pemberian bantuan peralatan sekolah.

Peralatan sekolah berupa alat tulis seperti buku termasuk pakaian seragam sekolah tingkat SD dan Menengah merupakan bantuan dari Dalizatulo Lase, SH sebagai Warga Kota Gunungsitoli Pulau Nias yang telah sukses pada profesinya selaku Pengacara di Perantauan tepatnya di Provinsi Riau.

Seharian tersebut puluhan pemulung dari kalangan Peserta Didik atau pelajar dari berbagai sekolah mendapatkan bantuan ini, diserahkan langsung oleh Dalizatulo Lase yang akrab di sapa Pak Enjel.

Anak-anak tersebut menuturkan kalau mereka termofasi melakukan kegiatan memulung barang bekas karena meyakini adanya sebuah harapan di balik tempat sampah yang ada, kemudian dari hasil penjualan barang bekas dapat meraup keuntungan hingga lima ratus ribu rupiah setiap bulan.

“Dana tersebut kami gunakan untuk tambahan biaya kebutuhan di rumah dan peralatan sekolah seadanya karena ketiadaan biaya sepenuhnya dari orangtua kami akibat faktor kondisi ekonomi lemah.” tutur Reni salah seorang pemulung yang sedang duduk di bangku sekolah dasar.

Menanggapi hal itu Dalizatulo Lase, SH mengaku apresiasi atas jiwa semangat yang dimiliki anak-anak negeri di Pulau Nias dan Gunungsitoli karena sebagai pertanda mereka berkeinginan untuk bertahan hidup penuh inovasi dan terus berprestasi.

“Semangat anak-anak usia sekolah mutlak didukung apalagi ragam keterbatasan dan faktor ekonomi lemah keluarga diupayakan tidak berdampak pada lemahnya kualitas pendidikan mereka, itulah kita hadir berperan meringankan persoalan yang dihadapi pada dunia pendidikan khususnya bagi kalangan Peserta Didik yang berperkonomian lemah.” ungkap Dalizatulo Lase, SH kepada sejumlah awak media yang mengabadikan rangkaian giat penyaluran bantuan alat tulis dan seragam sekolah tersebut di Gunungsitoli, Rabu (19/07/2023).

Lebih jauh Dalizatulo Lase menyalurkan bantuan serupa pada dua lokasi terpisah lainnya di wilayah Gunungsitoli Selatan perkampungan Foa dan di Delafiga.

Keseluruhan aksi sosial ini semata dalam rangka mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan bagianak- anak usia sekolah agar selalu memiliki dorongan kesadaran untuk meningkatkan kualitas demi meraih sumber daya manusia yang nantinya dapat diandalkan untuk kegiatan pembangunan Kota Gunungsitoli Pulau Nias khususnya bahkan untuk negeri Indonesia umumnya.

Penulis : Ali Telaumbanua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *