Persiapan Festival Gurita, Pemda Kaur Mengadakan Rapat

Wartainspirasi.com — Rencana Pemerintah Kabupaten Kaur dinaungi Dinas Pariwisata menggelar Festival Sate Gurita sekaligus mempromosikan sumber kekayaan alam dan pengembangan Pariwisata Kabupaten Kaur. Upaya Pemerintah mengembangkan Pariwisata berbasis budaya alam yang memiliki karakter lokal menjadi objek wisata unggulan daerah

Serta rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kaur Tahun 2021 – 2026. Melalui program unggulan Pariwisata selaras dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kaur.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur tahun ini akan dilaksanakan Event Festival Gurita maka dari itu proses akan melaksanakan kegiatan tersebut Har ini telah di adakan Rapat awal dalam Penyusunan struktur Panitia Festival Gurita Kharisma Event Nusantara Di tahun ,2023 ini.

Adapun dalam Kegiatan Rapat pembentukan Panitia ini , Di Gelar di Aula lantai III Sekda Kaur , dalam Rapat tersbut dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto, S.H.,M.H yang didampingi oleh Sekda Dr. Drs. Ersan Syahfiri. MM, Para Asisten, Staf Ahli dan Kadis Pariwisata .

Tak ketinggalan turut hadir unsur Forkopimda, Sekwan, Ka OPD, Direktur RSUD, Ketua MUI, Ketua BMA, Kabag Setda, Perwakilan TP PKK, DWP, Ketua Koni, Pengurus PSOI, Kades Merpas Camat Nasal, Kades Pengubaian, Camat Kaur Selatan, Ketua PWI, Ketua SPRI, GM Radar Kaur, Kepala PLN, Kepala BPD, Kepala BRI Bandar Bintuhan, Kepala BNI, Kepala PGRI, Ketua MKKS, dan Ketua Baznas.

Dalam sambutanya tidak banyak yang disampaikan oleh Bupati Kaur, berharap event tersebut terlaksana dengan aman dan lancar dari tahap pembentukan panitia hingga pada tahap pelaksanaannya nantinya,” sampai Bupati.

” Meminta kepada Dinas terkait dan pengelola pantai Laguna yang akan dijadikan sebagai tempat acara puncak festival gurita kharisma event nusantara tahun 2023 itu nanti, agar mulai dari sekarang untuk menata dan membersihkan tempat atau pun disekitar area lokasi supaya terlihat indah dan nyaman dipandang,” himbaunya.

Sementara itu sebagai informasi awal dari pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur bahwa festival gurita tahun 2023 akan dilaksankan pada bulan Juni 2023 mendatang yakni pada tanggal 21-22 Juni 2023 yang akan datang, untuk acara puncaknya akan dihelat di Wisata Pantai Laguna Samudera Desa Merpas Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Event takan diawali dengan kegiatan perlombaan Surfing diselenggarakan oleh PSOI Kabupaten Kaur bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kaur, perlombaan Surfing rencananya akan dimulai pada tanggal 19 – 20 Juni 2023 yang akan digelar di laut pantai wisata Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan.

Tidak hanya itu, festival gurita kharisma event nusantara tahun 2023 ini akan dimeriahkan dengan bermacam – macam perlombaan yang bertajuk kebudayaan lokal (Kabupaten Kaur) seperti lomba memanah gurita, lomba melapun,dan lomba nasi tumpeng gurita dan festival bazar kuliner khas Kaur serta akan dihibur dengan berbagai kesenian adat seperti tari ngeringit, tari meinangan, tari seder’ean, tari nelayan, teater nelayan dan akan digelar acara talk show lingkungan hidup.

Penanggung Jawab Umum dalam kegiatan ini adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur, Penanggung jawab pelaksana harian adalah Kepala Dinas Pariwisata, Ketua I Asisten I, Ketua II Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Ketua III Asisten II, Ketua IV Asisten III, Sekretaris I,II,III adalah Sekdin, Kabid dan Kasubbag Dinas Pariwisata serta akan melibatkan seluruh Unsur Forkopimda, MUI dan BMA yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kaur.

Laporan: Simarjon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *