Personel Gabungan di Stanbaykan Antisipasi Pasca Rapat Pleno PSU

LAHAT — Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S. Sinaga SH, SIK, MH memimpin “Apel Gelar Siaga” dalam rangka antisipasi pengamanan pasca Penghitungan Suara Ulang (PSU) daerah pemilihan (Dapil) IV kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat.

Pagelaran apel gelar siaga tersebut, dilaksanakan sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban Pasca rapat pleno keputusan di KPU Kabupaten Lahat, pada Jum’at (21/6/2024).

Kegiatan apel siaga ini, diikuti oleh personel Kodim 0405/Lahat, BKO dari BRIMOBDA Polda Sumsel 1 SSK, BKO Polres Muara Enim, BKO Polres Pagaralam, serta seluruh personel Polres Lahat dan Polsek jajaran Polres Lahat.

Dalam arahannya, Kapolres Lahat menyampaikan pentingnya kewaspadaan terhadap situasi dan kondisi saat pasca Penghitungan Suara Ulang (PSU) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat secara maksimal dalam menghadapi segala kemungkinan yang timbul.

“Yang terpenting, kerjasama antar instansi harus ditingkatkan untuk memastikan keamanan. Lakukan pengamanan dengan Humanis, namun tetap tegas sesuai SOP yang ada,” pesan Kapolres Lahat.

Ia menjelaskan, dalam rangka mengantisipasi hasil putusan Rapat Pleno di KPU Provinsi Sumsel, Polres Lahat sudah mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan cara mengamankan kantor Bawaslu Lahat, Gudang III KPU Lahat, anggota Komisioner KPU Lahat.

“Telah kita tempatkan personel, baik personel Polres, personel BKO, dan tambahan dari TNI, Sat-Pol-PP, dan Dishub Kabupaten Lahat,” tuturnya.

Kapolres Lahat menghimbau, kepada seluruh pihak agar menahan diri dan menjaga keamanan Kabupaten Lahat, tidak perlu pengarahan massa, pengerahan massa tidak akan merubah hasil penghitungan suara.

“Justru bisa menimbulkan masalah baru, Polri tetap Netral, bila ada pihak-pihak yang tidak puas dengan kegiatan KPU agar menempuh sesuai jalur hukum yang ada. Seperti, melaporkan ke Bawaslu atau upaya-upaya hukum yang lain,” tegasnya.

Karena di sini, Kapolres Lahat sebagai penanggung jawab, menjamin secara penuh keamanan dan ketertiban pasca hasil Pleno penghitungan suara ulang (PSU) oleh KPU Lahat. (D1N)