Pj Bupati Magetan Resmi Lantik 30 Kades Periode 2023-2029

Magetan — Sebanyak 30 orang Kepala Desa di Kabupaten Magetan masa jabatan 2023-2029 resmi dilantik. Acara tersebut berlangsung di Pendopo Surya Graha, Kabupaten Magetan, Rabu (20/12/23).

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Desa tersebut dipimpin langsung oleh PJ Bupati Magetan Hergunadi, turut hadir dalam agenda tersebut diantaranya Ketua DPRD Magetan Sujatno didampingi Forkopimda Magetan, dan juga OPD terkait.

Dijelaskan Hergunadi, Kepala Desa yang baru dilantik diharapkan untuk segera menyusun RPJMDes, ia juga berharap agar bisa mengemban amanah sesuai Tupoksinya.

“Ada beberapa yang kami tekankan diantaranya untuk Kepala Desa yang baru dilantik agar lebih berinovatif dalam mengatasi masalah stunting, kemiskinan ekstrem, dan pengangguran. Disamping itu, kami juga harapkan untuk terus berkoordinasi dengan OPD terkait,” jelas Hergunadi.

Menurutnya, memasuki masa-masa pemilu tersebut, ia berharap kepada Kepala Desa yang baru dilantik agar selalu menjaga kondusifitas wilayah.

“Ada beban-beban yang menjadi tanggung jawab Kepala Desa di antara upaya pertumbuhan ekonomi bisa meningkat,” imbuhnya.

Hergunadi mengaku, angka pengangguran dan kemiskinan ekstrem di Magetan sampai saat ini ada di angka 0,3 persen, dan angka stunting secara statik di angka 14,9 persen. Ia berharap di Tahun 2024 permasalahan tersebut segera dapat teratasi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMD Eko Muryanto menyebutkan di tahun ini harus ada penyesuaian spesimen karena masih ada penyerapan anggaran, untuk kedepannya akan kami lakukan pembinaan untuk Kepala Desa yang baru saja dilantik disamping Kepala Desa Incumbent.

“Setelah dilantik ini kami himbau agar euforia berlebihan karena ini masanya berbeda, disamping itu kami berpesan agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” tutupnya. (Mas)