Putus Penyebaran Covid- 19 Ditengah Adaptasi Kebiasaan Baru, Polda Bengkulu Dan Polres Jajaran Akan Disiplinkan Masyarakat

BENGKULU200 Dilihat

Wartainspirasi.com, Bengkulu – CoronaVirus Disease (Covid-19) ini pertama kali diketahui melalui hadirnya penyakit misterius yang terjadi di kota Wuhan, Cina dipenghujung tahun 2019. World Health Organization (WHO) bahkan mengatakan virus ini lebih berbahaya dari serangan teroris. Hal ini disampaikan langsung oleh Tedros Adhanamon Ghebreyesus (pimpinan WHO) pada tanggal 11 Februari 2020 di Jenewa. Menurutnya virus ini dapat memiliki konsekuensi yang lebih kuat daripada tindakan teroris apapun.

Indonesia merupakan salah satu negara yangg terkena dampak covid-19 diantara 159 negara lainnya di dunia, bahkan perhari ini pun mungkin bertambah jumlahnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa virus ini menjadi bencana nasional. Di Indonesia terkonfirmasi bahwa telah 177,571 kasus positif Covid-19. Provinsi Bengkulu pun merupakan salah satu provinsi yang terkena dampak covid-19 ini terkonfirmasi bahwa 349 kasus dengan jumlah meninggal 25 jiwa dan kasus sembuh 186 jiwa. Tentu saja kondisi ini telah menimbulkan kepanikan dan silang pendapat yang ditimbulkan diluar konteks penanganan virus itu sendiri, bahkan menjadi komoditas politik dan ekonomi.

Sebagai wabah tentu saja Virus covid – 19 menakutkan bagi semua orang, tidak pandang usia, jabatan, pekerjaan, status sosial, agama, etnis bahkan jenis kelamin. Semua berpotensi terkena. Untuk itulah, himbauan pemerintah cukup logis dengan kebijakan seperti menjaga kebersihan, jaga jarak sosial dalam kerumunan, dan mengikuti protokol kesehatan ditengah adaptasi kebiasaan baru yang telah dicanangkan oleh pemerintah seperti menggunakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk penanggulangan penyebaran virus Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi pandemi, terkait hal tersebut Polda Bengkulu dan Polres jajaran telah menggelar Operasi Satgas Aman Nusa yang bertujuan untuk pendisplinan kepada masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Selain melakukan pendisiplinan kepada masyarakat, Polda Bengkulu juga telah memasang ratusan spanduk dan baliho berisikan mengenai himbauan di berbagai lokasi strategis dan dapat di lihat langsung oleh masyarakat yang dipasang di Kota ataupun Kabupaten Provinsi Bengkulu.

Diharapkan dengan telah dilakukannya berbagai upaya yang dilakukan oleh Polda Bengkulu tersebut masyarakat dapat dengan sendirinya menyadari akan bahaya dari virus covid – 19 sehingga membantu pemerintah dalam penanggulangan penyebaran dengan cepat .

(Sumber:tribratanews bengkulu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *