Ricuh, Rapat Pleno PPK Taba Penanjung di Warnai Aksi Protes Saksi Parpol

Wartainspirasi.com, Benteng — Hari ke 3 rapat pleno rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu di Kecamatan Taba Penanjung menuai protes dari saksi Partai Hanura, Bambang Aswari lantaran banyaknya coretan yang terdapat pada C1 Plano. Kamis (22/2/2024).

Saat ditemui media ini, Bambang menjelaskan, perolehan suara Partai PAN di Kecamatan Taba Penanjung tepatnya Kelurahan Taba Penanjung di TPS 1 dan 4 diduga terindikasi kecurangan, pasalnya jumlah suara dan suara sah Partai di C1 Plano terdapat coretan menggunakan tipe x.

Pada TPS 1 dan 4 terdapat perbedaan C1 plano Partai PAN dengan C1 salinan dengan yang dimiliki oleh saksi Partai, pada TPS 5 C1 plano Partai Golkar dan Hanura semua angka bilangan belum ditulis. Suara sah yang diperoleh Partai Golkar 38 suara pada C1 salinan yang dimiliki saksi Partai dan Panwascam 20 suara untuk C1 Partai kosong.

” Kami dari saksi Partai Hanura meminta untuk membuka kotak suara tetapi PPK dan Panwascam Taba Penanjung tidak menghendaki, kami juga mengajukan surat keberatan tapi tidak di tanda tangani,” ujar Bambang.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Taba Penanjung, Erlan Senjaya saat di konfirmasi mengatakan, terdapat beberapa kekeliruan di C1 salinan termasuk yang di tipe x tersebut dari KPPS diubah hadapan pengawas TPS dan para saksi.

” Memang ada yang di tipe x dan dicoret, itu dilakukan di KPPS yang di depan pengawas TPS dan saksi dan berita acara telah ditanda tangani para saksi,” jelasnya.

Salah satu masyarakat yang menyaksikan di lokasi rapat Pleno di Kecamatan Taba Penanjung, Marta menyampaikan, menurut pandangan kami dalam hal ini penyelenggara kurang baik mengingat Pemilu terbuka dan jujur dan bersih.

Marta selaku masyarakat yang menyaksikan rapat Pleno PPK di Kecamatan Taba Penanjung menyampaikan harapannya kepada Penyelenggara Pemilu

” Harapan kami setelah menyaksikan rapat Pleno PPK di Kecamatan Taba Penanjung agar penyelenggara Pemilu dapat bersikap terbuka jujur dan bersih juga berkeadilan,” ungkap Marta.