Sebanyak 21 KPM Desa Abusakim Terima BLT Kemiskinan Ekstrim Triwulan Pertama

Wartainspirasi.com — Jumlah persentase Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahun Anggaran (TA) 2023 diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023, dibatasi minimal 10 persen, dan maksimal 25 persen.

Menyikapi kebijakan tersebut, Desa Abusakim telah menetapkan penerima BLT Kemiskinan Ekstrim berdasarkan kriteria, Keluarga miskin atau tidak mampu diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori Kemiskinan Ekstrem, kehilangan mata pencaharian.

Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis, Keluarga miskin penerima jaring pengaman sosial lainnya yang terhenti baik yang bersumber dari APBD dan/atau APBN, Keluarga miskin yang terdampak pandemi covid-19 dan belum menerima bantuan, Rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

21 Keluarga Penerima Manfaat yang ditetapkan oleh peserta musyawarah penetapan KPM BLT-DD Tahun 2023 setelah melalui proses verifikasi dan validasi, maka 21 KPM telah disalurkan bantuan langsung tunai tahap triwulan pertama, senilai Rp. 900 ribu masing-masing perbulan Rp. 300 ribu selama 1 tahun.

Kepala Desa Abusakim, Mulyantoni menuturkan, penyaluran BLT Kemiskinan Ekstrim tahun 2023 mengalami pengurangan merujuk pada Permenkeu RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023, minimal 10 persen maksimal 25 persen, sehingga benar-benar digunakan untuk kebutuhan pokok.

” Bantuan langsung tunai tahun 2023 mengalami pengurangan, dalam upaya Pemerintah mengentaskan Kemiskinan Ekstrim di Desa, maka bagi yang tidak dapat agar memaklumi terkait aturan untuk KPM supaya digunakan sebaik mungkin,” ungkap Kades Abusakim, Mulyantoni disela-sela penyaluran BLT kepada KPM.

Penyaluran BLT Kemiskinan Ekstrim Desa Abusakim terpantau aman serta kondusif yang dihadiri oleh, Kepala Desa Abusakim, BPD, Perangkat Desa, Camat Pondok Kelapa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa, serta 21 KPM di Kantor Desa Abusakim, Senin (10/4/2023). Adv/yd