Terima Kunjungan BRIN, Bupati Barru Sambut Baik Pembentukan BRIDA

 

Wartainspirasi.com, Barru – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si menyambut baik rencana pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA)/ Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (BAPPERIDA) di Kabupaten Barru.

Bupati Barru Suardi Saleh mengemukakan hal itu saat menerima kunjungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Menara MPP Lantai 5 Ruang Kerja Bupati Barru, Kamis (30/05/2024).

Kunjungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini dipimpin oleh Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah Dr. Oetami Dewi dalam rangka audien dan koordinasi percepatan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) / Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (BAPPERIDA) di Kabupaten Barru.

Di hadapan Dr. Oetami dan timnya, Suardi Saleh menyampaikan bahwa pada prinsipnya dirinya telah menyetujui pembentukan BRIDA di Kabupaten Barru di mana kelembagaannya akan bergabung dengan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) sehingga ke depan nomenklaturnya akan berubah menjadi BAPPERIDA.

” Pemerintah Kabupaten Barru melalui BRIDA/BAPPERIDA ke depan siap berkolaborasi dengan BRIN dalam memanfaatkan potensi daerah untuk mengakselerasi kemajuan pembangunan daerah”, katanya.

Pada kesempatan tersebut, Suardi Saleh menunjukkan komitmen pembentukan BAPPERIDA di Kabupaten Barru dengan menyerahkan Surat Usulan Pertimbangan Pembentukan BAPPERIDA Kabupaten Barru kepada BRIN melalui Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah.

Sementara itu, Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah Dr. Oetami Dewi menyampaikan daerah bisa membentuk BRIDA menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mandiri atau dapat diintegrasikan dengan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah di bidang perencanaan pembangunan daerah menjadi BAPPERIDA.

Selain itu dia juga menyampaikan bahwa BRIN memiliki banyak skema pendanaan yang dapat digunakan oleh pemerintah daerah dan memiliki banyak sumber daya manusia periset yang siap berkolaborasi.

Untuk diketahui pembentukan BRIDA/BAPPERIDA adalah untuk menindaklanjuti amanat dari Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 bahwa BRIDA/BAPPERIDA dibentuk oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan setelah mendapatkan pertimbangan dari BRIN.

Turut hadir dalam audiens tersebut, Kabag Organisasi Setda Barru, Sekretaris BAPPELITBANGDA Kabupaten Barru, Staff pelaksana diseminasi dan pemanfaatan riset dan inovasi daerah.(Ti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *