Uji Publik Ranperda Kabupaten Bengkulu Utara Tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

Wartainspirasi.com – Bappelitbangda Kabupaten Bengkulu Utara bersama Dinas TPHP telah melakukan Uji Publik penyempurnaan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara.

Tentang  Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B). Uji Publik tersebut berlangsung di Ruang Pola Bappelitbangda dipimpin langsung oleh Dr. M. Dodi Hardinata, S.Sos , M.Si. Senin (17/04/2023).

Uji publik dilakukan guna menggali data, informasi atau masukan dari para stakeholders, perangkat daerah terkait. Serta jaminan partisipasi publik dalam pembentukan produk hukum daerah yaitu penyempurnaan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara tentang  Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Melalui kegiatan uji publik ini, Berbagai masukan dan usulan masyarakat menjadi bagian tak terpisahkan dari penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah ini dengan memerhatikan ketentuan peraturan yang lebih tinggi agar tidak terjadi disharmonis dengan peraturan perundang – undangan.

Tahapan uji publik dalam proses penyusunan Peraturan Daerah merupakan salah satu tahapan penting dalam upaya penyempurnaan materi secara substansial,

uji publik dimaksudkan untuk melihat persepsi dan ekspektasi awal masyarakat terhadap Rancangan Peraturan Daerah perlindungan LP2B  yang akan disahkan nanti menjadi Peraturan Daerah (Perda). (Adv/Cn)