Jelang Pemilu 2024, PC PMII Magetan Deklarasikan Pemilu Damai

Wartainspirasi.com, Magetan — Jelang Pemilu serentak 2024, Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Magetan menggelar Diskusi Publik dan Deklarasi Pemilu Damai. Acara yang mengusung tema “Peran Pemuda dalam mewujudkan Pemilu Damai anti kekerasan dan anti hoax untuk kemajuan bangsa” tersebut berlangsung di RDM Cafe dan Resto, Maospati, pada Jumat (29/12/23).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua PC PMII Magetan Restu Als Apuk, didampingi Pengurus PC PMII Magetan Lukman, Ketua BEM STAIM Baluk Karangrejo, serta perwakilan anggota PC PMII dan BEM STAIM sebanyak 40 orang.

Dalam sambutannya, Restu menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut Pemilu 2024. Ia mengajak para pemuda untuk berperan aktif dalam mewujudkan Pemilu yang damai, tanpa kekerasan, dan tanpa hoaks.

“Kita tidak boleh terpengaruh oleh berita-berita isu SARA dan hoaks. Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial,” ujar Restu.

Diskusi publik tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi dengan pemaparan materi oleh PC PMII Magetan,
Materi yang disampaikan meliputi demokrasi tanpa provokasi, tolak politik uang, anti isu SARA, pemilu damai, dukung netralitas ASN serta TNI/Polri, demokrasi milenial, milenial bersuara.

Pada sesi kedua, peserta diskusi diajak untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapatnya. Mereka juga menyampaikan saran dan masukan untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang damai dan adil.

Menurut Restu, Kegiatan diskusi publik dan deklarasi Pemilu tersebut merupakan langkah positif dalam upaya mewujudkan Pemilu 2024 yang damai. Kegiatan ini telah memberikan edukasi kepada para pemuda tentang pentingnya peran mereka dalam mewujudkan Pemilu yang damai.

“Kita dukung Pemilu yang Luber Jurdil, kita wujudkan bersama pemilu yang damai, kita ciptakan Kabupaten Magetan yang kondusif,” tandanya. (Mas)