Polres Lahat Siap Amankan Penghitungan Ulang 6 TPS Dapil 4 Tanjung Tebat

LAHAT – Bertempat diruang Rapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, telah dilaksanakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan putusan MK tentang penghitungan suara ulang Enam (6) TPS daerah pemilihan (Dapil) Lahat 4 kecamatan Tanjung Tebat Lahat hasil Pemilu 2024 oleh KPU Lahat.

Acara rapat koordinasi persiapan pelaksanaan putusan Mahkamah Konsitusi (MK) tentang penghitungan suara ulang tersebut, langsung dihadiri Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S.Sinaga SH, SIK, MH, didampingi Kasat Intelkam IPTU Achmad Faisal Junaidi STr.K, pada Selasa (18/6/2024) sekira pukul 09.00 WIB.

Rapat koordinasi dipimpin Ketua KPU Kabupaten Lahat, Sarjani, dihadiri:

– Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST, M,Si, MM.
– Ketua Bawaslu Lahat Nana Priana, S.Hi., M.M.
– Kaban Kesbangpol Lahat Raswan Ansori S.E., M.M.
– Pasi Intel Lettu Inf. Hendro Purnomo.
– Komisioner KPU Lahat Divisi Hukum dan Pengawasan Agusman Askoni.
– Komisioner KPU Lahat Divisi Teknis Penyelenggaraan, Elfa Rani.
– Komisioner KPU Lahat Divisi Program, Data dan Informasi Emil Asy’ari.
– Komisioner KPU Lahat Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Eva Metriani, SE.
– Komisioner Bawaslu Lahat Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat Andra Juarsyah, S.Pd., M.Pd.
– Komisioner Bawaslu Lahat Divisi SDM Mahlizah, S.Pd.
– Sekretaris KPU Lahat Mery Anggrainy, SIP, MIP, serta.
– Perwakilan Partai Politik (Parpol) Kabupaten Lahat.

Dalam penyampaian agenda rapat koordinasi oleh Ketua KPU, dan acara ini adalah dalam rangka sosialisasi pelaksanaan putusan MK dalam perkara Nomor 275/PHPU tentang penghitungan suara ulang 6 TPS kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat.

Dalam rangka persiapan pelaksanaan penghitungan suara ulang pada hari Selasa tanggal 18 Juni 2024 akan dilaksanakan pencarian kotak suara 6 TPS Dapil Lahat 4 kecamatan Tanjung Tebat Kabupaten Lahat, hasil Pemilu 2024 yang berada di Gudang Logistik Pemilu KPU Lahat.

Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S. Sinaga SH, SIK, MH menyampaikan, Polres Lahat adalah penanggung jawab keamanan pelaksanaan penghitungan suara ulang yang nanti akan dibantu unsur TNI dan Pemkab Lahat.

Selain itu, Kapolres Lahat menghimbau kepada KPU Lahat agar pelaksanaan penghitungan suara ulang dilaksanakan secara Profesional dan Transparan, termasuk juga Bawaslu Lahat agar melaksanakan tugas pengawasan secara Profesional dalam pelaksanaan penghitungan suara ulang oleh KPU Lahat.

Kapolres Lahat juga menghimbau kepada pihak terkait Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024, untuk mengikuti pelaksanaan penghitungan suara ulang oleh KPU Lahat, dengan menghadirkan saksi yang mengetahui aturan, dan tidak perlu melakukan pengerahan massa yang dapat menimbulkan masalah baru.

“Dihimbau agar pihak Komisi Pemilihan Umum Lahat selaku pelaksana penghitungan suara ulang sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK),” ujarnya. Seraya menambahkan, keputusan rapat bahwa pelaksanaan Penghitungan Suara Ulang akan dilaksanakan pada hari Rabu 19 Juni 2024 di kantor KPU Lahat.

Usai melaksanakan Rapat Koordinasi dilanjutkan dengan pencarian kotak suara di Gudang KPU, sebanyak 6 kotak suara dan disaksikan oleh seluruh peserta Rakor.

Ditegaskan Kapolres, Polres Lahat, menjamin keamanan dan sudah menempatkan personel di Gudang KPU Lahat untuk melakukan penjagaan, dan pengawalan kotak suara yang akan dibuka dan dihitung ulang. (D1N)