Polres Muara Enim Simulasi Penanganan Karhutla, Juarsah : Minta Masyarakat Tidak Membakar Hutan

Muara Enim207 Dilihat

Wartainspirasi.com, Muara Enim – Keseriusan dan kesiapan Polres Muara Enim dalam menghadapi ancaman Kebakaran hutan lahan (Karhutla) saat musim kemarau di Kabupaten Muara Enim Patut di apresiasi, Pasalnya, Polres Muara Enim tersebut bersama Instasi terkait di dalamya gelar simulasi terhadap ancaman musibah Karhutla di wilayah Kabupaten Muara Enim, bertempat di lapangan Merdeka, Rabu (22/7/2020).

Kapolres Muara Enim AKBP Doni Eka Saputra SH SIK MM mengatakan, simulasi kegiatan tersebut merupakan bentuk kesiapan dan kesigapan pihaknya bersama unsur terkait dalamnya terhadap penanganan karhutla pada musim kemarau yang akan datang di kabupaten Muara Enim.

” Ya, Simulasi ini bukan ajang ceremony belaka saja, kelak dari latihan ini, harus kita implementasikan di lapangan apa bila karhutla terjadi di kabupaten Muara Enim di musim kemarau tiba nant, sehingga dapat meminimalisir sedini mungkin terhadap adanya ancaman karhutla di kabupaten Muara Enim , ” Ucap Perwira dengan dua melati tersebut.

Lanjutnya Doni mengatakan, melihat teroterial wilayah Kabupaten Muara Enim sebagai besar terdapat lahan dan gambut di beberapa kecamatan di kabupaten Muara Enim perlu kesiapan dan kesigapan dalam penanganan terhadap ancaman Karhutla di wilayah Kabupaten Muara Enim.

” Sudah kita amankan 2 orang di Mapolres kita terhadap pembakar hutan di wilayah Kabupaten Muara Enim, jelas kita aka tindak secara tegas untuk memberikan efek jeranya, agar tidak mengulangi perbuatannya kembali, ” Tegas nya orang nomor satu di kepolisian Muara Enim tersebut.

Sementara itu Bupati Muara Enim H Juarsah SH mengatakan, sangat mengapresiasi terhadap kegiatan simulasi penanganan musibah karhutla, di gagas oleh Polres Muara Enim dalam penanganan terhadap ada nya ancaman musibah kabut asap di sebabkan oleh karhutla di Kabupaten Muara Enim.

” Saya sangat mengapresiasi dan mendukung sekali terhadap kegiatan simulasi ini, berharap dengan adanya kegiatan ini, kedepan dapat di implementasikan di lapangan sehingga dapat meminimalisir sedini mungkin terhadap adanya ancaman kabut asap yang di akibatkan terjadinya karhutla di kabupaten Muara Enim,” Harapnya.

Tidak lupa Juarsah pula menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari pembukaan lahan dengan cara di bakar, karena selain menimbulkan dampak kerusakan lingkungan juga berdampak terhadap kesehatan akibat asap yang di timbulkan nya. Pungkasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan hadir pada kesempatan tersebut dari BPBD, Dinas Pemadam kebakaran, Kodim 0404 Muara Enim, Sat Pol PP.

Pewarta Deri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *