Puluhan Warga Terima Bantuan UPEK Bagi KPM Lahat

Wartainspirasi.com – Bertempat di Gedung Olahraga (GOR), Kabupaten Lahat melalui Dinas Sosial (Dinsos) Lahat menyerahkan bantuan usaha peningkatan ekonomi keluarga (UPEK) bagi keluarga penerima manfaat (KPM).

Acara bantuan UPEK bagi keluarga penerima manfaat tersebut, direalisasikan pada Kamis tanggal 12 Oktober 2023, sekira pukul 09.00 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan penyaluran UPEK bagi KPM itu, Bupati Lahat H. Cik Ujang melalui Sekda Lahat Chandra SH, MM, para OPD, kepada Dinas Sosial Provinsi Sumsel Mirwansyah SKM, Mkm diwakili bidang penangan kemiskinan Ico Coronagawa SKM, M.Kes, Kadis Sosial Lahat Ekman Mulyadi S.Sos, 80 Keluarga Penerima Manfaat.

Kepala dinas sosial (Kadinsos) Lahat, Ekman Mulyadi S. Sos menyampaikan, bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) merupakan upaya terpadu untuk mendorong penguatan ekonomi keluarga, agar dapat mengurangi tingkat kemiskinan ekstrim dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diakuinya, salah satu program penanggulangan kemiskinan yaitu bantuan UEP, bantuan yang di berikan berupa alat dan bahan yang di berikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Bantuan UEP ini, dijelaskan Ekman, diberikan kepada 80 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 8 (Delapan) kecamatan diantaranya:

1. Kecamatan Lahat.
2. Kecamatan Merapi Barat.
3. Kecamatan Kota Agung.
4. Kecamatan Suka Merindu.
5. Kecamatan Gumay Talang.
6. Kecamatan Lahat Selatan.
7. Kecamatan Mulak Ulu, dan.
8. Kecamatan Kikim Barat.

“Terimakasih kepada Gubernur Sumsel yang telah mengucurkan bantuan UEP sebanyak 80 KPM tersebar di delapan Kecamatan di Kabupaten Lahat, dan juga terimakasih kepada Bupati Lahat H. Cik Ujang yang telah mendukung keselarasan program dan kesinambungan dalam pengentasan kemiskinan.

Alhamdulillah, ditahun 2023 penerima bantuan dari dana APBD Lahat berjumlah 25 KPM mudah mudahan di tahun mendatang akan lebih banyak lagi KPM yang mendapat bantuan,” ulas Ekman.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel Mirwansyah Skm Mkm di wakili bidang Penanganan kemiskinan Ico Coronagawa SKM.M.Kes mengatakan, salah satu upaya mengurangi kemiskinan Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinsos Sumsel memberikan bantuan usaha peningkatan ekonomi keluarga (UPEK) bagi keluarga penerima manfaat.

‘Dan, ada disalurkan ke Kabupaten Lahat sebanyak 80 KPM dengan 15 jenis usaha. Harapan kami semoga bantuan bahan dan alat ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” pesannya.

“Semoga bantuan ini memandirikan bapak/ibu dalam usaha perekonomian keluarga dan kami doakan semoga apa yang Pemerintah berikan semoga usaha bapak/ibu menjadi maju lancar berkembang,” tutupnya.

Sementara, Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Sekda Lahat Chandra SH MM mengungkapkan, Pemkab Lahat melalui bapak Bupati Lahat H. Cik Ujang punya program prioritas dalam pengentasan kemiskinan.

“Paling tidak adany usaha dapat meningkatkan pendapatan. Untuk itu, bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dan kami akan lakukan memonitoring bantuan dalam upaya meningkatkan penghasilan dan mengurangi kemiskinan di kabupaten Lahat ini,” pungkas Sekda Lahat.

Dalam penyerahan bantuan tersebut, diberikan secara simbolis perwakilan keluarga penerima manfaat dan disambut dengan antusias puluhan warga penerima KPM. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *