Tingkatkan Ketahanan Pangan Desa Dusun Baru I Panen Raya Ikan Lele

Bengkulu Tengah — Pemerintah Desa Dusun Baru I Kecamatan Pondok Kubang bersama masyarakat desa setempat mengadakan panen raya ikan lele, sebagai wujud program ketahanan pangan dalam rangka menurunkan angka stunting. Setiap Desa memiliki cara masing-masing dalam merealisasikan ketahanan pangan dengan melihat potensi wilayah.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Dusun Baru I, Fauzi mengatakan, potensi keberadaan kolam di desa dimanfaatkan untuk mendukung program ketahanan pangan desa yang diharapkan dapat mendukung program pemerintah dalam menurun angka stunting, ikan hasil dari kolam akan dibagikan kepada masyarakat, Rabu (29/11/2023).

” Alhamdulillah hari ini kita panen raya ikan lele, hasil ikan lele dari kolam ini kita dibagikan langsung ke masyarakat untuk kesejahteraan bersama,” ujar Kades.

Panen raya ikan lele di Desa Dusun Baru I di ikuti oleh, Kepala Desa, BPD, Kepala Disnakertrans Bengkulu Tengah, Dinas PMD Bengkulu Tengah, Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Tengah, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta masyarakat Desa setempat.

” Ketahanan pangan merupakan aspek yang sangat penting dalam memperkuat sektor kesehatan salah satunya dengan menggalakkan gemar makan ikan sehingga menjadi desa yang sehat,” tambahnya.

Budidaya ikan lele juga dapat mendorong laju ekonomi di Desa jika di kelola dengan sungguh-sungguh, sehingga usai panen ikan lele di serahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bertugas sebagai penggerak roda perekonomian desa setempat sehingga kegiatan ini memberikan dampak yang signifikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.