Sosialisasi Partisipasi Pengawasan Pemilihan Serentak di Kaur Tahun 2020

Kaur267 Dilihat

Penulis : Marjhon

Wartainspirasi.com, Kaur — Untuk mengantarkan pemilihan serentak di Kabupaten Kaur yang aman dan lancar, maka Bawaslu Kabupaten Kaur mengadakan pertemuan dengan insan pers di seluruh PWI di Kaur yang dilaksanakan di K- Hotel Bintuhan.

Ketua Bawaslu Kaur Toni kuswoyo S.Sos dalam penyampaiannya , berharap insan pers bisa ikut serta berperan aktif dalam mengawasi dan memantau Pemilu yang akan di laksanakan di bulan Desember 2020 ini, dikatakannya, Pers merupakan lembaga independen tentu nya peran serta PWI di Kaur ini dapat berperan aktif ikut memantau dan mengawasi dalam bentuk pelanggaran pada pemilihan serentak akan datang.

Bila mana nanti nya ada Pelanggaran yang di temukan pada saat Masa- masa Kampanye ,masa tenang dan masa Pemungutan , di harapkan dari pihak PWI kaur Menyampaikan bila perlu di beritakan sesuai dengan ketentuan dan kode etik pers,” kata Toni Kamis (13/08/2020).

Sementara sambutan ketua PWI Provinsi Bengkulu Zaky Antoni, diharapkan kepada semua Pers di Kaur ini khususnya ,agar di dalam pemberitaan mesti nya benar-benar mematuhi aturan dan ketentuan dalam Peraturan Pers, supaya di dalam pemberitaan itu tidak menimbulkan keresahan dan merugikan pihak lain , dan begitu juga sebaliknya ,bila mana hak dan kewenangan pers di kekang dalam meliput dan mengadakan pengawasan tentang persoalan dilapangan, maka pers jangan khawatir asal di dalam pemberitaan kuat secara etika maka itu di pastikan aman.

Untuk di ketahui tugas dan peran pers itu ada lima (5) yang pertama memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui, menegakkan dasar dan nilai-nilai demokrasi mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak azazi manusia serta menghormati kebhinekaan, mengembangkan pendapat berdasarkan informasi yang tepat akurat dan benar. Melakukan pengawsan kritik dan koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum.dan memperjuangan keadilan dan kebenaran,” ungkapnya.