Tradisi Tahunan Melemang, Kearifan Lokal Budaya Masyarakat Muara Enim

Muara Enim2999 Dilihat

Penulis : Deri

Wartainspirasi.com, Muaraenim – Kabupaten Muaraenim yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan tersebut selain Kabupaten yang dikenal kenikmatan Kopi Arabica Khas Semendo nya, juga di kenal memiliki beragam kearifan lokal budaya masyarakatnya. Dan Salah satu kearifan lokal budaya tersebut ialah perayaan tahunan Adat Melemang yang di lakukan secara serentak di Desa Karang Raja Kabupaten Muara Enim dalam menyambut 10 Muharram 1441 Hijriah di tahun baru Islam.

Terungkapnya perayaan tahunan Melemang tersebut di tandai pula bersamaannya Panen Raya Padi IP200 di Desa Karang Raja yang dihadiri langsung Oleh Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH serta di dampingi Plt Ketua PKK Muaraenim Dra Hj Nurhelya Juarsah bersama Forkominda, Sabtu (29/8/2020).

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Muaraenim H Juarsah SH mengatakan, perayaan tahunan melemang di Desa Karang raja meski tidak semeriah seperti tahun sebelumnya, di sebabkan adanya musibah wabah COVID-19 masi menyelimuti saat ini, namun tradisi tahunan melemang 10 Muharram di Desa Karang Raja tetap berlangsung khidmat dan penuh rasa syukur.

” Semoga adanya perayaan kegiatan melemang ini akan menjadi berkah dan kesejahteraan bagi masyarakat di Desa karang raja serta di Kabupaten Muaraenim pada umumnya,” ungkap Juarsah.

” Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu di desa karang raja atas didikasihnya dalam melestarikan tradisi tahunan ini yaitu melemang di lakukan setiap 10 Muharram di Desa karang raja,” ungkapnya kembali.

Juarsah pula mengajak agar dapat memaknai tahun baru islam dalam perayaan tahunan tradisi Adat melemang di desa karang raja sebagai bagian dari introspeksi diri, untuk lebih meningkatkan kembali kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

” Saya mengajak kepada masyarakat, selain tradisi tahunan melemang ini sebagai bagian dari rasa syukur kita kepada Allah SWT atas melimpah panen padi ini, juga bagian dari untuk meng intropeksi diri agar meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT ,” tutupnya.

Sementara Itu Kepada Desa Karang Raja Okta Vianty Am.Keb menjelaskan, mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah kabupaten Muaraenim telah banyak memberi dukungan kepada Desa Karang raja.

” Kami bersyukur berkat bantuan benih padi IP 200 dari pemerintah produktivitas panen pertanian padi Desa kami menjadi lebih meningkat hasil panennya,” ungkap nya.

Dirinya pula mengharapkan atas dukungan dari pemerintah Pusat maupun pemerintah Daerah agar dapat terus memberikan dukungan bantuan ke Desa Karang Raja, khususnya dalam bidang pertanian sehingga dapat lebih mengoptimalkan pemanfaatan sawah dapat terus meningkat. sehingga Desa Karang Raja mampu menjadi bagian swasembada pangan di kabupaten muaraenim, ” pintanya.

Terpantau 144 Hektar Sawah tadah hujan IP 200 dalam perayaan panen raya di Desa Karang Raja tersebut.
Serta di hadiri Kapolres Muara Enim AKBP Doni Eka Saputra SH SIK MM, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari S. Sos.MTr ( Han) kepala Dinas PMD Drs Emran Tabrani, Kepala Dinas Pertanian Ir. Ulil Amri,kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Isdri ST berserta tamu undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *