Cik Ujang Buka Acara Festival Kopi Sekaligus Ajak OPD Ngopi

Wartainspirasi.com — Bertempat di halaman Gedung Kesenian Kabupaten Lahat, telah dilaksanakan Festival Kopi sekaligus ajak OPD Ngopi, yang dibuka dan diresmikan langsung oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH.

Acara Festival Kopi sekaligus Ngopi bareng dengan OPD Pemkab Lahat ini, merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Lahat ke-154 Perayaan XXV, pada Rabu (7/6/2023).

Turut hadir dalam kegiatan Festival Kopi tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang SH, Wabup Lahat H.Haryanto SE, MM, MBA, Sekda Lahat Chandra SH, MM, Ketua PN Lahat, Kajari Lahat, Dandim 0405/Lahat, Kapolres Lahat, Ketua TP.PKK Lidyawati Cik Ujang S.Hut, MM, Ketua GOW Hj.Sumiati Haryanto, Ketua Darma Wanita Rua Afriani Chandra, tim percepatan pembangunan Lahat, ketua dewan Kopi Provinsi Sumsel Ismet, ketua Kopi Lahat Hasnul, Dirut Bank Sumsel Babel, Dirut Bank BNI Lahat, tim juri Festival Kopi, OPD Pemkab Lahat, Camat, dan peserta Festival serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan, bahwa Festival Kopi ini untuk mengenalkan dan mempopulerkan kecamatan di Lahat, dari 24 kecamatan hanya ada 22 kecamatan yang membudidayakan Kopi Robusta, Liberika, dan Arabika.

Yang jelas sambung Cik Ujang, bagi masyarakat yang membudidayakan Kopi dapat meningkatkan mutu dan kualitas kopi yang ada. Dengan motto ‘Citra Rasa Otentik Kopi Bumi Seganti Setungguan Menuju Kopi Lahat Unggul dan Berkualitas’

“Sehingga, kopi Lahat dapat pengakuan di kancah Nasional sampai Internasional,” ucap Bupati Lahat.

Cik Ujang mengatakan, dengan meminum kopi juga banyak manfaatnya. Seperti membuat lebih bersemangat dalam beraktivitas, maupun meningkatkan daya ingat dan kinerja.

“Jadi Kepala OPD agar minum kopi dulu sebelum beraktivitas. Agar tidak mudah lupa dan daya ingat kuat”
“Jangan banyak- banyak, karena kalau kebanyakan tidak baik, malah nanti jadi pura- pura lupa,” candanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Lahat Vivi Anggraini SSTP beri keterangan. Bahwa guna meningkatkan pertanian kopi di Kabupaten Lahat, beri bantuan. Seperti pupuk, pelatihan dan pembinaan.

“Bahkan tahun ini program Bupati Lahat Cik Ujang, rencananya ada 32 petani kopi untuk latihan di Puslit Koka (Kopi dan Kakao) di Jember,” tegasnya.

Maka dari itu, dirinya berharap melalui pelatihan ini petani kopi di Kabupaten Lahat bisa melakukan budidaya kopi dengan baik. Menghasilkan kopi yang berkualitas.

Dalam acara festival kopi, berharap dapat membangun kepedulian masyarakat di 24 Kecamatan yang ada.
“Untuk lebih mencintai kopi khas Lahat khususnya, Robusta Lahat meningkatkan brand image kopi Robusta Lahat, melalui upaya peningkatan mutu, nilai jual dan daya saing serta inovasi- inovasi,” tambahnya.

Termasuk diuraikannya, melibatkan peran serta dan kerja sama dari semua elemen masyarajat, menuju Kopi Lahat Bercahaya.

“Apalagi Kabupaten Lahat merupakan penghasil kopi Robusta terbesar nomor 2 di Sumatera Selatan,” ungkapnya.
Dalam festival tersebut, ada beberapa kegiatan seperti pameran produk kopi dan makanan olahan dari kopi, talk show dan lomba- lomba lainnya.

Dalam acara Festival Kopi diumumkan para pemenang:
– Juara 1 disabet oleh nomor urut 14 dari kecamatan Merapi Barat pimpinan Drs.Erlambang MM.
– Juara 2 jatuh pada nomor urut 4.
– Juara 3 diambil oleh nomor urut 15.

Sementara untuk pemenang Festival Kopi 2023.
– Juara 1 harapan diperoleh oleh nomor urut 16.
– Juara 2 harapan didapat oleh nomor urut 13.
– Juara harapan 3 jatu pada nomor urut 7. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *