Dinas Pertanian Bengkulu Gelar Kegiatan APH

Kaur233 Dilihat

Warta Inspirasi.com, Kaur – Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu atau Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Telah mengadakan kegitan pelatihan perbanyak dan penyebaran Agensia Pengendali Hayati ( APH ) Untuk pengendalian organisme pengganggu tumbuhan ( OPT ) perkebunan masyarakat .

Dalam program pelatihan OPT ini telah dilaksanakan di Desa Air Batang Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur pada hari Kamis (02/07/20).
Pelatihan ini dihadiri oleh para kelompok Tani Desa Air Batang (Rukun makmur) .

Pemberi materi yang disampaikan oleh Narasumber Tri Joko dan Pak Walman dari Bengkulu , dalam materi pelatihan ini mengajak para petani kabupaten kaur khususnya kelompok tani yang ada di Desa Air Batang , agar petani kita ini bisa mandiri dalam menangani hama dan masalah yang ada pada tanaman , juga mengajak untuk para petani membiasakan untuk mengelola sumber alam yang ada disekitar untuk dijadikan pupuk kandang dan mikro organisme lokal ( MOL ) atau lebih dikenal dengan (F4).

“Kita mengajak para petani agar menjadi mandiri dan tidak harus selalu membeli obat-obatan tanaman tumbuhan diluar. Karena di lingkungan kita bisa menjadi obat atau bisa mencegah hama pada tumbuhan , begitu juga pemanfaatan kotoran hewan ternak atau, kardus rumput-rumputan, jerami padi bisa dijadikan pupuk yang lebih baik buat tanah dan tumbuhan , dengan menggunakan pupuk organik bisa mengurangi zaat kimia pada bumi dan pada tumbuh-tumbuhan”, ujar Tri Joko.

“Untuk lebih lanjut nanti kita akan paparkan dan kita berikan buku panduan kepada peserta pelatihan”, tambahnya.

Dikatakan juga ” kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan didua tempat satu di Lungkang Kule Padang Guci dan di Desa Air Batang Kecamatan Nasal ,waktu kita dalam pelatihan ini cuma dua hari di Kabupaten Kaur ,untuk kedepannya kita akan terus mengadakan pelatihan kepada kelompok-kelompok tani yang lainnya tergantung dengan kebutuhan nya”, tutup Tri Joko.

(Marjhon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *